Senin, 29 Januari 2024

Serunya Mengikuti Kelas Digital Marketing By Kampus UKM

Setelah mengikuti kegiatan Capaticy Building Class Sosial Media Marketing Tahun Lalu, Alhamdulillah kini saya mengikuti kembali kegiatan Capacity Building Class Digital Marketing yang diselenggarakan oleh Kampus UKM.

Kegiatan kali ini menariknya adalah pelaksanaannya lebih di mampatkan kembali, jika sebelumnya training diselenggarakan sebanyak 3 kal dengan 6 kali sesi.
Kali ini dengan format baru Alhamdulillah Training di mampatkan jadi dilaksanakan sebanyak 2 hari, dengan 4 kali sesi.

Meski ada perubahan menjadi 2 hari, namun materinya tetap daging semua. Apalagi para peserta juga aktif-aktif dan tahun ini informasinya tembus sampai dengan 400 lebih. Wowww.. Makin tinggi nih persaingannya. Tapi kerennya sekalipun dilaksanakan secara daring. Alhamdulillah para peserta tetap antusias untuk belajar dan terus upgrade diri untuk belajar banyak hal.


Apa saja yang di praktekkan selama training?


1. Buat Deskripsi Produk & Analisa Target Market

     Sebagai business owner, perlu memamahmi sebenarnya produknya itu apa sih? siapa yang akan dibantu atau diselesaikan problemnya dengan produk masing-masing, Dari sana maka akan jelas, siapa yang akan dibidik, siapa yang akan menjadi sasaran target marketnya. Sehingga pemasaran jadi lebih efektif dan efisien.

2. Merumuskan Buyer Pesona


seringkali pelaku bisnis UMKM hanya menuliskan umum tentang target market. padahal mereka itu juga punya profiling, seperti apa mereka, dimana mereka biasanya nongkrong, berlalulalang, berapa usianya, apa minatnya. itu semua adalah bisa menjadi bahan-bahan untuk menentukan buyer pesona. jaid buyer pesona adalah deskripsi yang tepat yang menggambarkan siapa target market anda. Alhamdulillah dengan tugas ini kami jadi lebih mendalami kembali siapa target market kita dan bagaimana deskripsi mereka sehingga penawaran jadi lebih terukur dan tepat sasaran.

3. Merumuskan Website & Post Artikel Tentang Informasi Produk

Alhamdulillah dari pelatihan ini kami jadi memiliki channel marketing baru selain sosial media yaitu memanfaatkan website dari blogspot. Dan bisa menambah optimasi SEO di kemudian hari.


4. Membuat konten dan posting di sosial media

Alhamdulillah dari pelatihan ini, personal branding saya jadi makin kebangun. karena kita diajarkan untuk tidak hanya mempromosikan bisnis dari akun bisnis saja, tapi juga bisa optimasi dengan akun personal. Mudah-mudahan dari praktek-praktek kecil ini personal branding kami kebangun dan bisa menambah lead masuk dari circle akun personal kami.



5. Latihan Buat Design Promosi 

Alhamdulillah kami akhirnya terinpisari untuk bikin materi promosi yang sesuai dengan target market dan buyer pesona kami. Jadi makin seru kan, niatnya ngerjain tugas, eh malah jadi punya materi promosi kayak gini.


Buat kalian yang mau mengikuti kelas pelatihan Digital Marketing, langsung saja kunjungi Kampus UKM dan dapatkan pelatihan-pelatihan capacity building yang pastinya bermanfaat buat pengembangan bisnis dan support UMKM.

Alhamdulillah lagi, dari hasil pengerjaan tugas-tugas diatas, selain jadi punya data buyer pesona, punya website, punya materi promosi, ternyata alhamdulillah bisa lolos juga ke tahap BIMTEK.

Dimana dari 400 orang yang terdaftar hanya diambil 100 orang terbaik yang bisa masuk ke tahap bimtek.

mohon doanya, mudah-mudahan bisa terus lanjut dan terus lolos sampai mendapatkan sertifikasi BNSP

Amiin ya rabbal alamin.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar